Sabtu, 02 Juli 2011

Kreativitas Anak SMKN 5 Pekanbaru

KREATIF:

Dua orang siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru mencetak pin hasil karya kelas wirausaha. Kreativitas siswa ini sudah dipasarkan.

Seluruh siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru dituntut untuk memiliki ketrampilan khusus. Dengan begitu, bila siswa tamat bisa membuka usaha sendiri. Untuk itulah dibuka kelas wirausaha.

Pada kelas ini, siswa belajar menciptakan suatu benda berharga dan memperbaiki barang elektronik yang rusak. Salah satu hasil yang paling menonjol sekarang ini adalah mengubah limbah plastik rumah tangga menjadi barang yang bisa dijual seperti Pin.

Sudah banyak yang memesan Pin hasil kreatifitas dari siswa di sekolah yang berlokasi, di Jalan Yossudarso Ujung, Rumbai. Bukan hanya teori saja yang diajarkan, mempertajam keterampilan atau skill menjadi yang utama.

Kelas ini dilakukan sepulang sekolah, di ruang Multimedia SMK N 5 Pekanbaru. Walaupun baru berumur satu semester (enam bulan, red) kelas yang dilakukan Kelas 1 Jurusan Multimedia ini menjadi perhatian serius seluruh seluruh guru pembimbing para siswa yang tergabung.

Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Pekanbaru, Feri Deswandi mengatakan, kelas in tercipta beradsarkan masukan seluruh guru. ”Ba-gaimana kalau kita membentuk suatu kelas wirausaha, jadi bukan saja teori yang anak-anak pelajari namun juga praktik dalam berwirausaha. Usulan ini disampaikan seluruh guru,” jelasnya kepada Xpresi.

Dari penuturan Feri, kelas wirausaha sengaja dibentuk untuk menumbuhkan jiwa-jiwa seorang enterpreneur sejak dini. Dengan demikian, seluruh siswa bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan bisa merekrut tenaga kerja, bukan mencari pekerjaan.

”Sekarang kita sudah dapat menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan. Kegiatan yang dilakukan pada kelas ini adalah membuat pin dengan teknik design dan kreasi Multimedia sesuai permintaan pembeli. Kita mengubah limbah plastik menjadi barang bisa diperjualbelikan,” ujarnya.

Diakuinya, keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan memang tidak seberapa, dari sebuah pin kecil. Pin berukuran 4,4 dan ukuran 5,8 serta gantungan kunci sudah mendapatkan pesanan dari masyarakat.Harga Pin berukuran 4,4 dijual dengan harga Rp 4000, PIN berukuran 5,8 dijual Rp 6000, dan gantungan kunci dijual Rp5000.

”Kami tidak memandang besar kecilnya keuntungan yang dihasilkan. Yang diinginkan sekolah, bagaimana cara mengembangkan jiwa seorang wirausahawan dari diri kami,” ujarnya

 

 

Salam

A’an

0 komentar:

Buku Tamu Alumni SMKN 5 Pekanbaru

tayangan komentar